Home Desa Mekarmulya Inilah Alasan Kenapa Bunga Edelweis Dilarang Dipetik Oleh Siapapun | Artikel Pertanian

Inilah Alasan Kenapa Bunga Edelweis Dilarang Dipetik Oleh Siapapun | Artikel Pertanian

9 min read
0
0
44

Mekarmulya.desa.id – Inilah Alasan Kenapa Bunga Edelweis Dilarang Dipetik Oleh Siapapun Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:
Inilah Alasan Kenapa Bunga Edelweis Dilarang Dipetik Oleh Siapapun

Bunga Edelweis atau yang biasa dikenal dengan nama bunga Senduro (Anaphalis Javanica) adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana yang hidup dipegunungan tinggi Nusantara. Bunga Endelweis biasanya memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan ukuran batang yang mencapai 1 meter.

Bunga ini merupakan bunga yang indah dipandang mata namun dibalik keindahannya itu bunga Endelweis juga dilarang untuk dipetik oleh orang-orang. Berikut alasan kenapa bunga Endelweis dilarang dipetik seperti cara merawat bunga edelweis yang sudah dipetik.

  1. Bunga Edelweis hanya dapat hidup dipegunungan

Salah satu penyebab bunga Endelweis dilarang untuk dipetik ialah karena bunga Edelweis hanya dapat beradaptasi dipegunungan. Jika bunga ini dipetik dan dibawa ketempat yang beriklim berbeda dengan tempat asalnya maka bunga Endelweis akan mati ataupun layu. Bunga Edelweis hidup diketinggian 2000 mpdl dengan tempat yang lembabdan bersuhu dingin. jika anda memetikdan membawa bunga ini turun setelah anda mendaki gunung maka bunga Endelweis akan terancam punah.

  1. Dilindungi oleh undang-undang

Bunga Endelweis merupakan bunga yang dilindungi oleh pemerintah sesuai dengan undang-undang Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1. Jika anda menemukan bunga Endelweis ketika sedang mendaki gunung sebaiknya anda tidak memetik bunga ini karena andaakan diberi sanksi berdasarkan Undang-undang.

  1. Termasuk bunga yang terancam punah

Bunga Endelweis telah terancam kepunahan, di Gunung Bromo bunga Endelweis telah dilaporkan punah. satu-satunya tempat perlindungan terakhir bunga Endelweis di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, namun ditempat ini juga telah dilaporkan bahwa bunga Endelweis telah dipetik oleh para pendaki gunung sebanyak 636 batang. Jika anda tidak ingin bunga ini punah tentusaja kita harus menjaga kelestarian dari Endelweis dan menahan diri agar tidak memetik bunga ini.

  1. Bunga yang merupakan simbol dan juga logo

Bunga ataupun tumbuhan sering kali dijadikan sebagai simbolataupun logo dari lembaga pemerintah ataupun perusahaan disuatu negara begitu juga yang terjadi pada bunga Endelweis ini. Bunga ini pernah dijadikan sebagai pada logo uang koin disebuah lembaga yang berada didaerah Eropa, bunga Endelweis juga pernah dijadikan sebagai simbol peragko pos Indonesia. Jadi intinya bunga Endelweis merupakan salah satu bunga penting yang dimiliki oleh Nusantara seperti jenis aglaonema yang mempunyai nilai tinggi.

  1. Edelweis merupakan bunga yang abadi

Bunga Edelweis sering kali disebut sebagai bunga abadi karena bunga ini dapat bertahan hidup selama 10 tahun. Umur bunga Endelweis yang termasukunik ini melahirkan ungkapan bunga abadi dari mulut para pendaki yang melihat bunga ini. Dibandingkan dengan bunga lain yang biasanya hanya bertahan hidup sekitar 1-2 tahun bunga Endelweis merupakan bunga yang sangat unik karena memiliki umur yang panjang.

  1. Bunga Endelweis hanya bisa tumbuh di tempat tertentu

Endelweis hanya bisa tumbuh di tanah vulkanik muda atau tanah bekas pembakaran. Bunga Endelweis tidak sama seperti rumput yang dapat tumbuh dimana saja ataupun seperti ubi yang bisa hidup walau dibuang dimana saja. Endelweis membutuhkan kelembapan dan suhu yang cocok begitu juga dengan ketingian dari tempat tumbuh Endelweis ini.

  1. Membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh

Jika kalian memetik bunga Endelweis tentu saja tujuan utama kalian adalah untuk membudidayakan Endelweis ini ditempat kalian, namun bunga Endelweis ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh. Bunga Endelweis membutuhkan waktu sekitar 13 tahun untuk tumbuh mencapai 20 cm.

Bayangkan saja oleh anda seberapa lama penatian yang akan anda lalui untuk menungu bunga Endelweis tumbuh hingga mencapai ukuran yang sesunguhnya (8 meter). Oleh karena itu tidak mengeherankan ada banyak alasan dibalik kenapa bunga edelweis dilarang dipetik sama halnya dengan mengapa petani dilarang menggunakan pestisida kimia berlebihan.

  1. Termasuk bunga langka

Bunga Endelweis termasuk bunga yang langka. Karena bunga Endelweis terancam punah jadi tanaman membuatnya menjadi tanaman yang sangat sulit ditemukan. Endelweis juga dilindungi oleh Undang-undang yang ada sehingga kita dilarang memetik bunga Endelweis untuk menjaga keberadaan bunga Endelweis agar tidak punah.

  1. Budidaya bunga Endelweis yang harus dilakukan secara tepat

Budidaya bunga Endelweis bukan secara sembarangan. perlu anda ketahui jika anda ingin membudidaya bunga Endelweis upaya pencegahan kepunahan bunga Endelweis, anda harus bisa atau tahu cara membudidayakan bunga Endelweis dengan tepat dan benar.

Anda harus memilih bunga yang sudah tua untuk bakal biji banyak orang yang menduga bahwa bakal biji yang muda akan menjadi bakal biji yang bagus, sebenarnya teori ini merupakan teori yang salah karena bakal biji yang paling bagus adalah bunga yang sudah tua. Kedua anda harus melakukan proses pemisahan biji dari bunga Endelweis anda harus melakukan hal ini dengan benar agar bakal biji tidak rusak.

Ketiga anda harus melakukan penyemaian biji bunga Endelweis pada media yang tepat yakni menggunakan tanah yang halus dan mengandung pasir dan diletakkan didalam polybag. Terakhir hal yang harus anda lakukan adalah perawatan yang dilakukan dengan baik dan benar terhadap biji yang sudah mulai berkecambah dan dilakukan secara teratur.

Menjaga kelembapan yang ada pada bunga Endelweis ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Jika anda tidak bisa melakukan hal-hal ini sebaiknya anda tidak memetik bunga Endelweis karena halitu akan mengakibatkan penambahankepunahan bunga Endelweis ini sama halnya dengan cara merawat bunga jemani.

Jadi bagi anda para pendaki gunung yang telah mengetahui alasan kenapa bunga Edelweis dilarang dipetik pastinyaakan lebih berhati-hati akan resiko yang akan terjadi jika anda memetik bunga gunung yang indah ini sama seperti cara merawat bunga jenggot musa.

Artikel Inilah Alasan Kenapa Bunga Edelweis Dilarang Dipetik Oleh Siapapun merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Load More Related Articles
Load More By sidemit
Load More In Desa Mekarmulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Menanam Bunga Tahi Ayam dan Perawatannya agar Tumbuh Merekah | Artikel Pertanian

Mekarmulya.desa.id – Cara Menanam Bunga Tahi Ayam dan Perawatannya agar Tumbuh Merekah Mar…