Home Desa Mekarmulya Mengapa Gulma Menyebabkan Tanaman Menjadi Kurus? | Artikel Pertanian

Mengapa Gulma Menyebabkan Tanaman Menjadi Kurus? | Artikel Pertanian

10 min read
0
0
45

Mekarmulya.desa.id – Mengapa Gulma Menyebabkan Tanaman Menjadi Kurus? Mari kita simak penjelasannya dibawah ini:
Mengapa Gulma Menyebabkan Tanaman Menjadi Kurus?

Bahaya gulma memang merugikan bagi para petani dan dapat membuat para petani merugi. Tak hanya itu dengan banyaknya gulma lahan tanaman juga dapat sangat terganggu, karena akan terlihat sangat semerawut oleh banyaknya gulma yang ada.

Para petani seharusnya mencangkul lahan tanam secara bersih agar gulma tak mudah hidup kembali, maka tak heran di sawah para petani selalu melakukan babad galeng yang bermaksud untuk menghilangkan gulma-gulma yang menempel pada tanah. Tak hanya itu gulma juga dapat pergi dengan semprotan bahan kimia beracun, tapi cara ini memang kurang efektif karena adanya zat racun yang juga sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Rambatan dari gulma bila dibiarkan bisa merusak tanaman padi yang ada di sawah dan tanaman padi yang tegak lurus akan menjadi merunduk dengan adanya rambatan dari gulma. Gulma juga dapat membuat tanaman padi mati, karena sifat rambatannya yang memaksa akan membuat padi menjadi mati. Tak hanya itu gulma juga dapat membuat tumbuhan menjadi mengering, karena dengan adanya gulma akan membuat cahaya matahari terhalang dan tak terkena tanaman padi.

Pemerintah melalui badan pertanian menghimbau kepada seluruh masyarakat agar terus memerangi gulma yang ada di lahan pertanian dan hal ini dimaksudkan agar tanaman yang ditanam oleh petani tak akan terganggu dengan adanya gulma. Ada beberapa solusi yang diberikan pemerintah seperti menyediakan berbagai jenis obat kimia untuk memberantas gulma. Ada yang ditabur dan ada juga obat kimia yang disemprot, tapi yang ditabur lebih banyak digunakan oleh para petani karena mudah untuk di aplikasikan pada lahan pertanian. Anda wajib juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Garangan

Dampak dari gulma:

Untuk memberantas gulma secara cepat dan tepat perlulah dilakukan sebuah kegiatan pembersihan yang dilakukan secara menyeluruh dan dilakukan secara berkala, karena gulma tidak akan pergi dengan satu kali berantas saja, hal ini disebabkan karena cara perkembangbiakannya yang sangat cepat. Bersihkan gulma sampai ke akar akan membuat gulma mati dan tak akan mudah berkembang lagi.

  1. Racun

Gulma dapat mengeluarkan sebuah zat yang beracun yang dapat mengakibatkan matinya sebuah tanaman dan gulma juga memiliki sifat perusak tanaman yang sangat tinggi. Anda wajib juga membaca tentang Cara Membasmi Hama Wawung

  1. Ongkos Mahal

Dampak dari adanya sebuah gulma dapat menjadikan para petani merugi, karena harus membayar orang untuk dapat membantu membersihkan tanaman dari berbagai gulma. Selain itu dengan banyaknya gulma para petani harus membeli obat-obatan kimia yang harganya lumayan mahal.

  1. Hama

Sebuah gulma juga ternyata dapat menjadi perantara timbulnya sebuah hama, karena dengan adanya gulma yang berkembang biak secara cepat, maka akan membuat hama menjadi bebas hidup dan berkembang. Anda wajib juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Oteng-Oteng di Tanaman

Cara pengendalian sebuah gulma

Inilah cara pengendalian hama dan mengapa gulma menyebabkan tanaman menjadi kurus:

  1. Mekanik

Cara pengendalian gulma dengan cara ini sangatlah tergantung pada fisik seseorang dan tergantung dengan perkakas yang digunakan. Banyak sekali alat yang biasa digunakan untuk memberantas sebuah gulma seperti arit, parang, kored, pacul, mesin rumput dan golok. Pemberantasan gulma juga dapat dilakukan dengan cara dicabut secara manual dan cara ini menjadi cara yang sangat efektif dan efisien.

Ada juga beberapa jenis gulma yang dapat mati dengan menggunakan genangan air dan air akan membuat gulma tersebut mati. Menghalangi cahaya matahari juga menjadi salah satu cara efektif membuat gulma mati, karena kebanyakan jenis gulma akan mati bila tak mendapat sorotan cahaya matahari. Anda wajib juga membaca tentang Cara Mencegah Serangan Hama dengan Tanaman Refugia

  1. Biologis

Pengendalian gulma dengan cara biologis dimaksudkan pada bantuan hewan yang dapat memberantas sebuah gulma dan salah satu contoh hewan yang sering memberantas gulma adalah ikan, karena ada ikan juga yang senang mengkonsumsi sebuah tanaman seperti ikan mujair dan ikan mas. Ikan biasanya mematikan biji-biji tanaman yang akan berkembang.

Dengan memanfaatkan hewan untuk basmi gulma tentu akan membuat kerja para petani menjadi lebih ringan dan gampang, maka tak heran banyak petani yang rela membeli banyak bibit ikan untuk di tanam di sawahnya saat kondisi padi masih dalam proses pertumbuhan.

  1. Kimia

Ada beberapa zat kimia yang dirancang khusus untuk memberantas keberadaan sebuah gulma dan salah satunya adalah herbisida. Dengan menggunakan zat kimia memang sangatlah efektif untuk memberantas sebuah gulma, karena zak kimia cenderung memiliki zat yang sifatnya mematikan bagi gulma. Kini obat-obatan pemberantas gulma banyak ditemukan di banyak wilayah dan banyak sekali terdapat di toko obat pertanian.

  1. Terpadu

Cara pengendalian gulma secara terpadu dapat dilakukan dalam waktu satu musim tanam dan sangat efektif untuk memberantas keberadaan sebuah gulma. Gulma memang harus dibasmi agar tak mengganggu berbagai tanaman yang ditanam oleh para petani. Anda wajib juga membaca tentang Cara Mengatasi Hama Boleng pada Ubi Jalar

Mengapa gulma menyebabkan tanaman menjadi kurus?

Hal ini disebabkan karena gulma memiliki sifat merambat pada tanaman dan dapat membuat tanaman menjadi kering dan kurus. Sistem kerjanya dengan cara merambat pada tumbuhan dan mengelilingi semua pertumbuhan tanaman utama.

Para petani sangat membenci adanya gulma yang bisa membuat tanaman jadi kurus. Kurusnya sebuah tanaman yang disebabkan oleh sebuah gulma akan menjadikan tanaman tersebut kurang menghasilkan bahkan sering terjadi tanaman sampai mati. Tanaman yang gagal panen tentu akan sangat merugikan bagi para petani. Banyak sekali jenis gulma yang sangat merugikan bagi tanaman yang menjadi tumpuan para petani.

Itulah ulasan lengkap mengenai alasan mengapa gulma menyebabkan tanaman menjadi kurus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi terbaik untuk mencari pengetahuan mengenai berbagai dampak yang dapat ditimbulkan oleh gulma.

Artikel Mengapa Gulma Menyebabkan Tanaman Menjadi Kurus? merupakan bahasan artikel pertanian untuk referensi para pembaca khususnya petani di Desa Mekarmulya.

Load More Related Articles
Load More By sidemit
Load More In Desa Mekarmulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Menanam Bunga Tahi Ayam dan Perawatannya agar Tumbuh Merekah | Artikel Pertanian

Mekarmulya.desa.id – Cara Menanam Bunga Tahi Ayam dan Perawatannya agar Tumbuh Merekah Mar…